Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10


Berikut ini Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1:



Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda mempelajari modul
1.1?

Sebelum mempelajari modul 1.1, saya menilai peserta didik lebih ke penilaian akademik tanpa menggali secara mendalam minat bakat setiap peserta didik. Proses pembelajaran pun masih guru yang mendominasi. Belum maksimal dalam memberikan ruang kolaborasi antar peserta didik. Selain itu, saya masih menganggap peserta didik dapat pintar jika saya beri pengetahuan melalui pemaparan materi pembelajaran (ekspositori/ceramah).


Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini?

Setelah mempelajari modul 1.1, pemikiran saya menjadi lebih terbuka terhadap peserta didik. Saya akan lebih komprehensif dalam melakukan penilaian dengan memperhatikan kelebihan peserta didik melalui minat bakat. Proses pembelajaran pun akan saya kemas lebih kolaboratif sehingga antar peserta didik dan guru ada interaksi. Dengan demikian, peserta didik dapat aktif saat proses pembelajaran.


Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Agar kelas mencerminkan pemikiran KHD, saya akan menerapkan filosofi KHD “Ing ngarsa sung tuludho, Ing madyo mangun karsa, Tut wuri Handayani” sesuai dengan Demonstrasi Kontekstual yang saya sampaikan (https://www.youtube.com/watch?v=zJxxcCiUAj0). Saya akan berusaha menjadi teladan yang baik bagi peserta didik, memberikan semangat peserta didik untuk mengeksplor diri, dan memberi dorongan agar peserta didik dapat mengembangkan diri dengan maksimal dan penuh percaya diri. Besar harapannya akan terwujud pembelajaran yang bermakna, berkarakter, dan merdeka.


Kesimpulan:

Mempelajari modul 1.1 telah mengubah pemikiran saya terhadap peserta didik dan pelaksanaan proses pembelajaran. Seyogyanya kita sebagai pendidik harus menjadi teladan agar dapat meneggakkan budi pekerti/karakter, dapat ‘menuntun’ peserta didik dalam mengembangkan diri, menciptakan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan memberikan ruang berkolaborasi serta eksplor diri pada peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salam Kenal, Saya Pemula 😀

Menulis itu Mudah, yaa kan?

Koneksi Antar Materi Modul 3.1